phone: 0813.1412.7822
e-mail: bangelan@gmail.com

Area Kerja Wordpress di Localhost

Ketika menginstal WordPress di komputer sendiri atau localhost, kita akan selalu berinteraksi dengan beberapa folder, di antaranya: 
  • htdocs Lokasi folder ini terletak di C:\xampp\ (atau di lokasi tempat Anda menginstal XAMPP). Di folder inilah tempat anda menginstal WordPress. Anda bisa instal dengan membuat folder sendiri di dalam folder htdocs, Contohnya: belajarweb. Atau, bisa langsung menginstal di htdocs sehingga nantinya ketika dibuka di browser, cukup mengetik http://localhost. Tapi saran saya bagi anda yang baru belajar silahkan anda buat folder terlebih dahulu di dalam folder htdocs dan jagan menempatkan file instalasi di luar folder htdocs, karena pemanggilan index webserver tidak berjalan. 
  • template (themes) Di sinilah tempat menginstal template/theme WordPress. Lokasi foldernya ada di C:\xampp\htdocs\[nama folder tempat anda install wordpress]\wp-content. 
  • plugin WordPress tanpa plugin sepertinya kurang optimal. Sama seperti theme, folder ini juga terletak di C:\xampp\htdocs\[nama folder tempat anda install wordpress]\wp-content. Semua koleksi plugin ada di folder ini yang dibedakan dengan folder yang bernama sesuai plugin masing-masing. otomatis akan masuk ke folder ini. 
  • Folder tambahan Jika Anda ingin menambahkan folder (seperti koleksi gambar/file), letakkanlah di folder C:\xampp\htdocs\[nama folder tempat anda instal wordpress]\wp-content supaya memudahkan mengelola file ketika sudah online. 
Kesimpulannya, folder di ataslah yang akan sering kita sering akses dalam membangun sebuah website. -->

0 komentar: